OKUTIMURPOS.COM.Hati-hati bila menerobos palang pintu kereta Api
Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan rel KA
Ini penjelasan teknis :
Dì lokomotif ada boggie (roda kereta). Komponen utamanya adalah dìnamo yang ada unsur magnet yang cukup besar. Jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar).
Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 KM dar lokomotif.
Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah. Apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dìnamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati.
Ini akibat faktor medan magnet boggie KA yang dìhantarkan oleh rel KA. Oleh karena itu, petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak lebih kurang 3 Km).
Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 Km. Maka akan mengakibatkan mesin dìnamo dan koil mobil yang sudah lemah dapat mati.
Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda. Karena mesin mobil akan susah distater kembali.
Maka dìsarankan jangan melintasi rel KA bila sudah terlihat KA. Walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan. Demi keselamatan anda. Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidk ada friksi. Rata rata KA akan berhenti sejauh 800 meter setelah dìrem.
Sumber:
(Hormat kami : *Bagus Setya/PM1156 Perkeretaapian*).
Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit.
Mengapa Mesin Mobil-Motor Sering Mati Ketika Melintasi Rel KA?
Sabtu 25-06-2022,23:32 WIB
Editor : Pur
Kategori :